0

Pro-kontra Pengembalian Katak Madagascar ke Habitat Aslinya

Published at 19.19 in

 
Para ahli biologi di konservasi merayakan keberhasilan penangkapan para penyelundup binatang Madagascar minggu lalu di Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi ironisnya, sekarang mereka berebut meyakinkan hewan hewan tersebut tidak dikembalikan ke asalnya.
40 ekor katak tomat yang langka yang ditemukan disembunyikan di sebuah koper ‘tuidak seharusnya dikembalikan di bawah situasi apapun’, kata Joseph Mendelson, herpetologist di kebun binatang Atlanta. Mereka bisa saja membawa jamur chytrid yang ada di Malaysia yang bisa mematikan bagi amfibi, dan selama ini selalu dihindari di seluruh kepulauan Madagascar. Tindakan untuk menyuntik mati hewan hewan ini sudah dikesampingkan. “Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengirim mereka ke kebun binatang yang memiliki program captive breeding. Ada satu kebun binatang yang bagus di Hongkong, tapi dikhawatirkan katak2 ini bisa terkena jamur tersebut saat beberapa hari berada di airport. Satu satunya cara jamur tadi bisa berpindah melewati lautan adalah melalui tubuh hewan amfibi, para ilmuwan sudah melakukan pencekalan pada amfibi yang melewati batas Madagascar.
Penyendupan hewan hewan ini keluar dari pulau ini adalah tanda terbaru bahwa perarutan militer Madagascar yang baru tidak bisa mengontrol pertukaran illegal dari spesies unik kepulauan ini.
Para ilmuwan sudah optimis sejak dari tanggal 2 April saat rezim meyerah pada tekanan untuk mengembalikan larangan penebangan pohon Rosewood. Sejak saat itu, alegasi dari keterlibatan pemerintahan pada perdagangan spesies tidak mereda. Tapi katak2 ini memiliki ancaman yang lebih besar untuk biota pulau ini. Madagascar adalaha satu dari sedikit tempat yang bebas dari jamur ini, dan hanya satu amfibi yang terkontaminasi bisa menyebabkan ‘kehilangan spesies yang sangat cepat’.

Related Post

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

Post Details

No Response to "Pro-kontra Pengembalian Katak Madagascar ke Habitat Aslinya"

Posting Komentar