0

Penyu Hijau dan Penyu Sisik Terancam Punah !!

Published at 18.31 in

ANAMBAS- Peneliti dari California Academy of Sciences, Amerika Serikat, Prof. Dr. Wallace J. Nichols mengatakan, dua penyu langka yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Anambas terancam punah. Ancaman ini terjadi jika tidak ada upaya pelestarian habitat satwa tersebut dalam kurun waktu sampai 20 tahun ke depan. Saat ini, menurut Wallace, populasi dua penyu yakni penyu sisik dan penyu hijau yang hanya terdapat di Pulau Durai tersebut kian berkurang dan terus terancam. Diperkirakan, saat ini populasi kedua penyu tinggal 2000 ekor saja. ”Kita harus segera melestarikan penyu-penyu tersebut. Jika tidak, maka kita akan dirugikan karena kehilangan penyu langka,” kata pria yang akrab dipanggil Jack tersebut, Minggu (21/2) lalu. Menurut Jack melalui Nina Marliana, Goverment Affairs Manager Primere oil Indonesia, di dunia ini, hanya ada tujuh jenis penyu langka dimana dua diataranya ada di Kabupaten Anambas. Sebab itu, keberadaan dua penyu langka ini sangat menarik perhatian dunia untuk ikut serta melestarikan dengan menjaga ekosistemnya.
“Patut disyukuri daerah ini memiliki  satwa yang langka. Jika sampai punah, ini merupakan satu kerugian besar tidak hanya bagi Anambas atau Indonesia namun juga bagi dunia internasional. Saatnya kita peduli, menaruh perhatian besar dan niat baik untuk menjaga populasi penyu sisik dan penyu hijau ini,” kata
Kata Jack, sekarang penyu-penyu yang bertelur dipulau Durai semakin sedikit. Padahal sebelumnya, setiap malamnya sekitar 40 ekor penyu naik ke pantai untuk bertelur. Namun saat ini paling banyak hanya delapan ekor saja yang naik untuk bertelur. Kondisi ini merupakan salah satu indikator yang menunjukan bahwa populasi penyu semakin berkurang yang salah satu penyebabnya adalah adanya tangan-tangan jahil manusia yang menangkap dan menjual penyu tersebut.
“Hal ini patut kita waspadai. Kalau ingin penyu- penyu yang ada ingin tetap lestari, maka tugas kita bersama untuk menjaga penyu-penyu tersebut selamat dari ancaman kepunahan,” katanya.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap satwa ini, lanjut Jack, pihaknya berinisiatif menyewa lahan yang menjadi habitat penyu. Langkah ini selain untuk menjaga kelangsungan penyu juga untuk membatasi aktivitas perburuan penyu. (sm/28)


Related Post

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

Post Details

No Response to "Penyu Hijau dan Penyu Sisik Terancam Punah !!"

Posting Komentar