0

KURA KURA SPESIES TERBARU..!

Published at 19.27 in

Spesies kura kura baru yang ukurannya tidak lebih besar dari piring makan kecil ditemukan, menjadikan spesies kura kura asli Amerika menjadi 57 jenis.
Map turtle Pearl River ini (Dinamakan map turtle karena tempurungnya mempunyai marking yang mirip gambar perairan pada peta)  ditemukan oleh Josh Ennen dan Jeff Lovich, 2 orang ilmuwan dari U.S. Geological Survey, dan hanya bisa ditemukan di Pearl River, Louisiana dan Mississippi.
Kura kura ini merupakan peninggalan dari fluktuasi permukaan lau antara periode glacial & interglasial lebih dari 10.000 tahun yang lalu, yang mengisolasi map turtle ini pada sungai sungai yang berbeda di sepanjang pantai teluk.
Alhasil, kura kura ini berovolusi menjadi spesies yang unik yang dibatasi oleh sistem sebuah sungai.
Josh Ennen dan Jeff Lovich mengatakan bahwa kura2 yang memiliki nama ilmiah Graptemys pearlensis ini sebelumnya sering disangka sebagai Pascagoula map turtle, yaitu kura kura yang hidup di sekitar sungai itu.
Seperti Pascagoula map turtle, Pearl River map turtle adalah hewan reptil air asli yang hidup di sungai yang memiliki aliran arus medium hingga arus deras. Betinanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jantan, berukuran antara 15 hingga 27 cm saat dewasa, dan menggunakan permukaan rahangnya untuk membuka kerang kerangan. Sementara untuk jantan, hanya bisa tumbuh hingga ukuran 10 hingga 15 cm dan memakan moluska, tapi sebagian besar serangga dan ikan kecil. Penemuan ini, dipublikasikan di Chelonian Conservation and Biology. Ennen mengatakan bahwa jika orang berfikir tentang sebuah penemuan, mereka menghubungkannya dengan hutan hujan atau Negara yang tidak tereksplorasi & terisolasi. Tapi Ennen menemukan spesies ini di dekat rumahnya. Ennen menemukan spesies ini saat mengerjakan riset lain tentang spesies Graptemys di area untuk disertasi Ph.D-nya. Pascagoula River map turtle adalah satu satunya spesies map turtle yang dipercaya terjadi dalam dua drainase utama. Saya pikir, hal ini sangat ganjil. Profesor saya di University of Southern Mississippi, Brian Kreiser dan Carl Qualls, mendorong saya untuk mencari lebih jauh, jadi saya mulai melakukan penelitian genetik pada kura-kura dari Sungai Pearl dan kura-kura dari Sungai Pascagoula. 

Saat Ennen mulai menemukan perbedaan genetik yang signifikan antara dua jenis kura2, Ennen meminta ilmuan USGS, Jeff Lovich untuk datang. Lovich adalah orang yang menemukan, mendeskripsikan & menamakan 2 spesies kura kura terakhir yang juga dari gen Graptemys di United States pada tahun 1992.
Saat Lovich melakukan riset pada tahun 80an, dia mengetahui adanya perbedaan yang hampir tidak kentara antara kura kura di tiap sungai, tapi tidak berfikir bahwa kura kura tersebut berbeda spesies.
Josh memintaku untuk menganalisa ulang dataku dalam warna dan dari cara kura kura terlihat untuk mengkombinasikannya dengan data genetik,’ kata Lovich.
Digabungkan, data2 tadi cukup untuk membuktikan bahwa kura kura Pearl River dan kura kura Pascagoula River adalah dua spesies yang berbeda.
Data genetik ini sangat jelas, walaupun jika dilihat secara visual perbedaannya lebih sulit dilihat. Salah satu tanda yang jelas terlihat pada kura kura Pearl River adalah garis hitam memanjang yang ada di punggungnya, sedangkan kura kura Pascagoula memiliki garis hitam yang terputus.
Lovich dan Ennen sangat senang dengan penemuan spesies baru ini, dan mereka berfikir kemungkinan butuh waktu yang lama sampai ditemukan lagi spesies baru.


Related Post

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

Post Details

No Response to "KURA KURA SPESIES TERBARU..!"

Posting Komentar